‘FIBA World Momentum Unjuk Indonesia Maju di Mata Internasional’

FIBA Board Member, Erick Thohir, berharap Indonesia sepenuhnya siap dalam menyelenggarakan FIBA World Cup 2023 yang berlangsung di Indonesia Arena, pada Agustus mendatang. Ajang ini jadi momentum menunjukkan Indonesia maju di mata internasional.

Hal itu disampaikan Erick seusai jamuan yang diadakan PP Perbasi, yang juga dihadiri lima perwakilan dari delapan negara peserta, yakni Duta Besar Spanyol, Francisco Aguilera Aranda, Vazken Kavlakian (Charge d’Affaires Kedutaan Lebanon), Mahdi Rounagh (Charge d’Affaires Kedutaan Iran), Lindolpho Cademartori (Deputy Chief of Mission Kedutaan Brazil), dan Mark Strasser (Charge d’Affaires Kedutaan Kanada).

Acara jamuan makan malam dengan para duta besar perwakilan negara-negara yang akan bertanding itu berlangsung di Jakarta, pada Kamis (20/7).

Baca juga: Solo Jadi Kota Pertama Tur Trofi FIBA World Cup 2023

“Sebulan lagi, Indonesia akan menjadi sorotan dunia karena menggelar Piala Dunia bola basket. Kita punya stadion indoor baru dan megah, serta juara bertahan, sekaligus peringkat pertama dunia bola basket, Spanyol tampil di sini. Artinya, kita harus siap pula menjadi tuan rumah yang baik dan sukses sehingga ajang ini makin melambungkan nama Indonesia,” kata Erick dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/7/2023).

“Saya menangkap antusiasme tinggi dari perwakilan negara-negara sahabat tersebut. Mereka juga tak sabar dan siap meramaikan Indonesia Arena saat tim negaranya bertanding, karena bagaimanapun juga Piala Dunia bola basket ini ajang empat tahunan yang levelnya serupa dengan Olimpiade,” tambahnya.

Erick yang didampingi Raffi Ahmad, local ambassador FIBA World Cup 2023, Ketua Joint Management Committee (JMC) FIBA World Cup 2023, Cahyadi Wanda, dan Wasekjen Perbasi, Rufiana, juga meminta pecinta olahraga, khususnya bola basket, Tanah Air tidak melewatkan kesempatan besar menyaksikan aksi-aksi bintang bola basket dunia dari berbagai negara yang beberapa pemain berkiprah di NBA.

Baca juga: FIBA World Cup 2023: Ini Kata Cinta Laura Saat Dampingi Menpora

“Ini kesempatan langka. Meski kita menjadi tuan rumah bersama Jepang dan Filipina, tapi momen menjadi tuan rumah Piala Dunia bola basket belum tentu datang dalam 10 atau 20 tahun lagi. Serupa seperti saat kita jadi tuan rumah Asian Games 2018, atau nanti saat menggelar FIFA World Cup U-17, ini kesempatan kita menunjukkan kemajuan Indonesia di mata internasional,” ujar Erick.

FIBA World Cup 2023 akan diselenggarakan 25 Agustus hingga 3 September di tiga negara. Selain Indonesia, Jepang dan Filipina juga menjadi tuan rumah perhelatan event bola basket terbesar di dunia tersebut.

Total ada 32 tim negara yang bertanding di FIBA World Cup 2023. Jakarta sebagai tuan rumah akan mementaskan laga babak penyisihan di dua grup, yakni Grup G yang terdiri dari Spanyol, Iran, Pantai Gading, dan Brazil, sementara Grup H berisikan Kanada, Latvia, Lebanon, dan Prancis.

Baca juga: FIBA Puas Lihat Indonesia Arena, tapi Butuh Satu Tes Uji Venue

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Pdamjombang. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.