Ranking BWF Pekan Ini- Jonatan Dekati Anthony Ginting

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie terus memperbaiki posisinya di daftar peringkat Badminton World Federation (BWF). Terbaru, juara French Open 2023 itu masuk tiga besar dunia.

Hal itu diketahui usai Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) merilis update ranking pada hari Selasa (21/11/2023), setelah rampungnya turnamen Super 500 Kumamoto Masters Japan 2023 pada akhir pekan lalu.

Jonatan memang tersingkir di perempatfinal Japan Masters, tapi hasil itu tetap membawanya naik satu tingkat ke posisi ketiga daftar pemain tunggal putra dunia. Jonatan menggantikan posisi Li Shi Feng (China), yang sebelumnya berada di ranking ketiga dan kini turun satu tingkat ke posisi keempat.

Baca juga: Cedera, Jonatan Christie Mundur dari China Masters 2023

Status itu pun membuat Jonatan (82111 poin) mendekati Anthony Sinisuka Ginting (86031 poin), rekannya di Pelatnas PBSI, yang hingga kini masih menempati peringkat kedua. Adapun nomor satu tetap dipegang Viktor Axelsen. Ia kian kokoh, dengan 105655 poin, usai menjuarai Japan Masters 2023 pada hari Minggu (19/11/2023).

Sementara itu, di dua sektor yaitu tunggal putri dan ganda putra tak ada perubahan signifikan dalam daftar ranking 10 besar dunia. Termasuk Gregoria Mariska Tunjung, yang baru saja meraih titel juara perdananya di turnamen BWF World Tour 500 Japan Masters. Jorji, demikian ia karib disapa, tetap di peringkat ketujuh dengan 71.771 poin.

Sementara ganda putra, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang dua pekan lalu berada di peringkat ke-10, kini turun lagi ke ranking 12 dunia dengan 69.390 poin. Posisinya kembali digeser. Kali ini oleh pasangan Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Baca juga: Gelar Juara Gregoria, Oasis di Tengah Paceklik Sektor Ganda

Dari nomor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva, juga mengalami hal serupa yaitu turun satu tingkat. Saat ini mereka berada di posisi ketujuh setelah kemarin absen tampil di Japan Masters, karena Apriyani dalam pemulihan cedera.

Adapun sektor ganda campuran Indonesia masih belum mampu memperbaiki posisinya. Alih-alih masuk top ten, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari jadi satu-satunya wakil Indonesia yang kini berada di peringkat ke-15.

Dehan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berada di peringkat 18, 20, dan 25 dunia.

(mcy/krs)

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Pdamjombang. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.