Jumlah Pemain Pelatnas Ganda Putra Ganjil, PBSI Terapkan Strategi Ini

Pada tahun 2024 PBSI berencana menerapkan sistem main rangkap, khususnya di sektor ganda putra. Ini berkaitan dengan pemain pelatnas ganda putra, yang jumlahnya ganjil.

Dari daftar terbaru penghuni Pelatnas PBSI tahun ini, ganda putra terdiri dari 23 pemain. Rinciannya, 11 orang kategori Utama yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Bagas Maulana, Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Rahmat Hidayat, Muhammad Rayhan Nur Fadillah, dan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Sementara Pelatnas Pratama diisi Daniel Edgar Marvino, Raymond Indra, Teges Satriaji Cahyo Hutomo, Christopher David Wijaya, M. Putra Erwiansyah, Patra Harapan Rindorindo, Nikolaus Joaquin, Muhammad Al Farizi, Adrian Pratama, dan Jonathan Farrell Gosal.

Untuk kategori Sparring ada Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan. Jumlah itu bisa saja menjadi genap andai saja Pramudya Kusumawardana, pasangan Yeremia sebelumnya, tak mengundurkan diri.

Namun, PBSI tak kehabisan akal untuk membuat pemainnya dapat bertanding seperti biasa. Meski ganjil, peluang untuk bermain rangkap dan gonta-ganti pasangan bisa terjadi. Demikian disampaikan langsung oleh Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI Rionny Mainaky.

Baca juga: 8 Atlet PBSI Masuk Masa Percobaan 3 Kejuaraan, Wajib Juara?

“Pasti ada kepikiran begitu (Ada kemungkinan diambil dari pasangan lainnya atau sektor lainnya). Jadi di dalam ada pembicaraan soal satu ganjil, tapi saya belum bisa katakan. Ada memang rencana mau ambil dari sini (mix double), tapi memang agak sulit juga,” kata Rionny kepada pewarta.

“Makanya sempat ada kemarin ada aturan jangan sampai main dua rangkap. Setengah mati kita cari satu, pelatihnya ditinggal suruh pilih satu, mix dan ganda putra, dua kali kerjanya. Ya kita lihat saja nanti. Nama-nama sudah lengkap, kita lihat siapa nanti,” tuturnya.

“Ada (main rangkap) tapi tidak banyak, tertentu ada. Jadi masih kami lihat dan masih dalam pembicaraan. Saya rasa ini perlu juga,” tuturnya.

Tak hanya soal main rangkap. Rionny juga mengatakan kemungkinan untuk mengganti partner satu sama lain juga masih menjadi pilihan PBSI saat ini.

Pergantian pasangan ini pun bukan kali pertama terjadi. Pertengahan tahun lalu, Kevin Sanjaya sempat dipasangkan dengan Rahmat, sedangkan Marcus dengan Rayhan. Kini Rahmat dipasangkan dengan Yeremia di Thailand Masters 2024, yang sedang berlangsung hingga 4 Februari mendatang.

“Ini masih gonta-ganti. Kalau seperti nanti si Yere dan Rahmat (di Thailand Masters) kalau sudah terlihat bagus dan cocok. Kalau dibilang begitu, kita cari Rahmat yang bagus, untuk balik lagi enggak. Tapi ini kan dari saya, sudah diinfo dari pelatih juga jangan sampai sia-siakan Rayhan juga,” kata Rionny.

Baca juga: PBSI Buka Kans Shesar Vito Jadi Sparring di Pelatnas

(mcy/krs)

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Pdamjombang. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.